Neobux

Saturday, March 27, 2004

Pemilu


     Pemilu 2004 sudah begitu dekat. Kira-kira anda akan pilih partai mana? Semuanya menawarkan program plus embel-embel yang aku rasa hanya bullshit saja. Semuanya mengeluarkan suara-suara merdu dan menebarkan bau wangi dimana-mana. Bau wangi yang akan segera tergantikan oleh bau busuk. Sangat busuk!.
Apriori? Ya mungkin saja aku apriori. Tapi coba buka sejarah pemilihan umum di Indonesia. Pernahkah yang benar-benar demokratis dan memang lebih bertujuan ke kepentingan umum, bukan mendahulukan kepentingan golongan (partai)?


     Apakah anda akan memilih partai yang jelas-jelas mengandalkan 'hebatnya' hegemony Soeharto dan orde baru nya? Atau anda akan memilih partai yang sungguh nyata di depan mata kalau pimpinan paling atasnya sudah menjadi terdakwa dan nyata-nyata seharusnya mendekam di bui karena korupsi dan berbagai penyelewengan kekuasaan? Atau anda akan memilih partai yang sama sekali tidak belajar dari kepahitan masa lalunya dengan membiarkan para penjahat yang telah membunuhi para kader partai nya di Sekretariat mereka pada tahun 1997 lalu melenggang bebas tanpa ada usaha untuk memprosesnya secara hukum? Atau anda akan memilih partai yang meski berbeda dengan partai yang aku sebut pertama tadi, tapi sama-sama hanya berlindung di bawah kebesaran nama keluarga?
     Apakah memang benar-benar ada partai politik peserta pemilu 2004 Indonesia yang memang berkeinginan penuh dan mempunyai political will (bukan hanya lip service belaka) untuk memperjuangkan pemulihan kondisi Indonesia? Apakah memang benar-benar ada partai politik peserta Pemilu 2004 Indonesia yang mendahulukan kepentingan rakyat Indonesia daripada kepentingan golongan partainya? Apakah memang benar-benar ada partai politik yang mampu menahan tekanan baik dari dalam maupun dari luar partai untuk terus bertahan dengan visi dan misi partai untuk memperbaiki keadaan Indonesia?


     Konspirasi, koalisi, kolaborasi, permainan politik tingkat tinggi, bermain aman agar kedudukannya tidak bergoyang terlalu keras; seperti itukah perpolitikan Indonesia pasca runtuhnya rezim Soeharto?


     Baiklah, yang terang, Pemilu 2004 hanya berjarak beberapa kali putaran bumi saja. Apakah anda akan menggunakan hak suara anda dengan baik dan memilih partai yang anda pikir tepat untuk didukung?
Jika ya, selamat! Anda menjadi warga negara yang baik.
Jika tidak, selamat! Anda berani untuk berkata tidak kepada siapapun.


Terlepas dari apakah anda memilih atau tidak, aku yakin anda pun terus mengintip setiap perkembangan berita soal Pemilu 2004 di tv dan/atau membaca di koran/tabloid/majalah/bulletin/selebaran gelap.
     Ayo tebakan, partai mana yang akan menang?

No comments:

Post a Comment